Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis




Manfaat dan Efek Samping
Jeruk Nipis





Jeruk nipis atau jeruk limau ini merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti memasak, perawatan kulit, membantu menurunkan berat badan, dan yang pasti menunjang kesehatan tubuh secara maksimal dari dalam.

Jeruk nipis ini kaya vitamin C dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya. Jeruk nipis juga mengandung zat besi, fosfor, sulfur, kalsium, mineral, karbohidrat, asam sitrun, glikosida, minyak atsiri, asam amino (lisin, triptofan) dan asam sitrat.



Manfaat jeruk nipis


Kaya kandungan vitamin

Jeruk kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian.


Membantu lancarkan pencernaan

Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.


Sumber mineral

Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.


Buah rendah kalori

Jeruk yang rasanya asam itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.


Menurunkan berat badan

Jeruk nipis juga berisi serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan. Serat itulah yang menimbulkan perasaan kenyang bagi tubuh.


Pembersih alami

Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dari racun dengan cara membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Ini membersihkan sistem di tubuh, sehingga membuat tubuh lebih sehat dan segar.


Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis kaya akan vitamn C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, maka akan terlindungi dari infeksi dan penyakit.


Mencegah penuaan

Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Dengan minum jeruk nipis hangat, itu membantu kulit tubuh melawan kerutan akibat penuaan dini.


Mengatasi masalah sembelit

Sering minum air hangat dengan perasan jeruk nipis menyingkirkan sembelit alias segala penyakit perut dan pencernaan lainnya. Air jeruk hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit.


Mencerahkan kulit

Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Karena kandungan antioksidan di dalamnya, membuat kulit lebih sehat.


Meningkatkan Kemampuan Imun disaat Cuaca Ekstrim

Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat agar selalu terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.



Beberapa Tips dari Jeruk Nipis



Kebersihan dan kesehatan rambut

Jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala anda khususnya bagi perempuan yang berhijab. Jeruk nipis dapat memberikan kesejukan di kulit kepala sehingga mampu mengurangi rasa gatal. Ambil sari jeruk nipis dengan memerasnya dan gosokkan pada kulit kepala lalu pijit dengan lembut. Usapkan secara perlahan pada kulit kepala, juga bisa mencampur perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun, apukat, maupun santan untuk menambah manfaatnya.


Kesehatan tubuh

Ambil 1 buah jeruk nipis (tergantung kebutuhan, kekuatan tubuh dan selera) dan jeruk nipis di belah dua dan diperas. Lalu ditambah segelas air putih (200cc). Air yang digunakan adalah air hangat atau air dingin, tergantung selera. Namun, air dingin lebih dianjurkan karena kandungan vitamin Cnya tidak cepat teroksidasi dan lebih menyegarkan.
Setelah diperas dan dicampur air putih, sebaiknya langsung diminum, karena kandungan vitamin c pada jeruk mudah menguap dan akan berkurang. Dan bisa dicampurkan dengan 1 sdm madu atau 1 sdt gula agar tidak terlalu asam.
Jeruk nipis di campur air ini bisa dikonsumsi di pagi dan malam hari sebelum tidur, bisa juga ditambah teh hijau. Sebaiknya tidak lupakan juga untuk memperbanyak minum air putih agar lemak lebih cepat luruh. Sementara untuk kebutuhan serat makanan bagi tubuh, sempatkan untuk mengkonsumsi satu buah jeruk per hari. Tiap buah jeruk ukuran sedang memiliki kandungan serat makanan sekitar 3.0 kg. Semakin asam, maka semakin banyak kandungan vitamin C-nya.


Menurunkan Panas Demam

Manfaat jeruk nipis untuk obat panas atau demam akibat malaria. Pertama, siapkan 3 lembar daun jeruk nipis, daun kendala, dan 5 lembar daun prasman. Rebus semua daun pada 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, saring airnya, bagi menjadi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.




EFEK SAMPING JERUK NIPIS



Sakit perut

Konsumsi jeruk nipis berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan sakit perut karena kondisi perut yang asam dalam waktu lama sehingga menyebabkan selaput lendir pada saluran pecernaan mengalami iritasi.


Sakit kepala dan migren

Sebuah penelitian telah menemukan penyebab umum dari sakit kepala dan migren, yakni senyawa asam amino bernama tyramine yang tersimpan dalam jeruk nipis. Kandungan ini akan meningkatkan aliran darah ke otak secara spontal sehingga timbul gejala seperti migren akut atau sakit kepala kronis.


Kulit terbakar

Berlebihan melakukan perawatan kulit dengan jeruk nipis atau lemon akan membuat kulit mudah terbakar, karena itu batasi penggunaannya.


Peningkatan kadar zat besi

Terlalu banyak konsumsi jeruk nipis akan mendorong sistem pencernaan untuk menyerap zat besi melebihi batas normal. Kelebihan zat besi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan gangguan seperti hemokromatosis.




Sumber: khasiatobatt.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahkum Bihi dalam Ushul Fiqih

Artikel Manajemen Dalam Perusahaan

Ayat dan Hadits mengenai Etos Kerja dan Kewirausahaan